Pengertian Wirausahawan dalam Beberapa Sudut Pandang

Header Menu

Pengertian Wirausahawan dalam Beberapa Sudut Pandang

Admin

Accounting Media – Secara konseptual, seorang wirausahawan (entrepreneur) dapat didefinisikan dalam beberapa sudut pandang dan konteks sebagai berikut.
Pandangan Ahli Ekonomi. Wirausahawan adalah orang yang menombinasikan faktor-faktor produksi, seperti sumber daya alam, tenaga kerja/sumber daya manusia (SDM), material, dan peralatan lainnya untuk meningkatkan nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Pandangan Ahli Manejemen. Wirausahawan adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam menggunakan dan mengkombinasikan sumber daya, seperti keuangan (money), bahan mentah (materials), tenaga kerja (labours), keterampilan (skill), dan informasi (information), untuk menghasilkan produk baru, proses produksi baru, bisnis baru, dan organisasi usaha baru. (Marzuki Usman, 1997: 3)
Pandangan Pelaku Bisnis. Dalam kontekas bisnis, menurut Norman M. Scarborough dan Thomas W. Zimmerer (1993: 5), “Wirausahawan adalah seseorang yang menciptakan suatu bisnis baru dalam menghadapi risiko dan ketidakpastian untuk maksud memperoleh keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang dan mengkombinasikan sumber-sumber daya yang diperlukan untuk memanfaatkan peluang tersebut”.
Dilihat dari pandangan para pelaku bisnis, Dun Steinhoff dan John F. Burgess (1993:35), “Wirausahawan adalah seseorang yang mengorganisasikan, mengelola, dan berani menanggung risiko sebuah usaha atau perusahaan”.
Pandangan Psikolog. Wirausahawan adalah orang yang memiliki dorongan kekuatan dari dalam dirinya untuk memperoleh suatu tujuan, suka menguji coba atau bereksperimen untuk menampilkan kebebasan dirinya di luar kekuasaan orang lain.
Pandangan Pemodal. Wirausahawan adalah orang yang menciptakan kesejahteraan untuk orang lain, menemukan cara-cara baru untuk menggunakan sumber daya, menurangi pemborosan, dan membuka lapangan kerja yang disenangi masyarakat.

Sumber Pustaka: Suryana. 2013. KEWIRAUSAHAAN Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta Penerbit Salemba Empat