Pengertian Segmen Pasar

Header Menu

Pengertian Segmen Pasar

Admin

Accounting MediaSegmen Pasar adalah sekelompok pelanggan tertentu yang mempunyai tanggapan yang relatif sama terhadap dorongan membeli yang dilakukan oleh pihak pemasaran. Kelompok ini biasanya memiliki karakteristik, kebutuhan, dan keinginan yang relatif sama sehingga akan memberikan respon yang relatif sama pula.

Penentuan segmen pasar ini berguna untuk memperjelas pelanggan mana yang akan kamu layani nanti. Apabila kamu tidak mengetahui siapa pelanggan yang akan dilayani, maka kamu akan menawarkan produk dan jasa kamu kepada siapa saja tanpa arah yang jelas.
Cara mengidentifikasi menurut Philip Kotler ada 3 (tiga) cara, yaitu:
1.     Segmentasi pasar menurut kelompok demografis. Target marketnya digolongkan menurut usia/umur. Contoh: target marketnya ramaja usia 15-24 tahun.
2.     Segmentasi pasar kedalam kelompok-kelompok kebutuhan. Misalnya, target maketnya adalah wanita bekerja yang menginginkan kemudahan dalam berbelanja.
3.     Segmen pasar berdasarkan kelompok-kelompok perilaku. Target marketnya didasarkan pada perilaku dan gaya hidup. Contoh: target marketnya remaja yang hidup konsumtif dalam membeli pakaian.

Sumber artikel ini dari buku Siswa Juga Bisa Jadi Pengusaha oleh Wulan Ayodya, Penerbit Esensi. Silahkan beli buku yang asli untuk mendapatkan pengetahuan dan tips menarik lainnya. Terimakasih.