Pengertian Audit Kepastian Kualitas

Header Menu

Pengertian Audit Kepastian Kualitas

Admin
Accounting Media – Semakin ketatnya intensitas persaingan dalam merebut pasar mendorong perusahaan untuk memberikan yang lebih kepada pelanggannya dibandingkan dengan apa yang diberikan oleh pesaing. Usaha dan operasional perusahaan terfokuskan kepada keinginan, harapan, dan kebutuhan pelanggan (costumer focus).

Untuk memenuhi keinginan, kebutuhan dan harapan pelanggan, perusahaan membangun suatu sistem kepastian kualitas. Hal ini berkaitan dengan usaha untuk memastikan bahwa proses-proses yang berjalan di dalam perusahaan dapat menjamin dihasilkan dan dihasilkannya produk barang/jasa yang sesuai dengan spesifikasi pelanggan.
Audit sistem kepastian kualitas adalah proses sistematis, mandiri, dan terdokumentasi untuk memperoleh bukti objektif dan menilainya secara objektif untuk menentukan sejauh mana kriteria audit telah terpenuhi. Audit ini dirancang untuk menilai aktivitas, praktik atau kebijakan perusahaan untuk menentukan apakah perusahaan memiliki kemampuan untuk memenuhi standar kualitas yang telah ditatepkan dalam operasinya. Audit atas sistem kepastian kualitas mungkin dirasakan perlu ketika kinerja kualitas actual berbeda dengan standar yang telah ditetapkan. Program audit mungkin juga bagian dari persyaratan kontrak dengan pelanggan atau mungkin juga persyaratan yang ditetapkan pemerintah dalam memberikan kepastian terpenuhinya standar kualitas yang ditetapkan pemerintah. Audit memberikan informasi kepada perusahaan tentang kinerja produk yang dihasilkan, kinerja departemen, kinerja perusahaan secara keseluruhan, dan area peningkatan yang harus dilakukan untuk mencapai kinerja yang lebih baik.

Sumber artikel ini dari buku Audit Manajemen, IBK Bhayangkara, Penerbit Salemba Empat. Terimakasih.