Pengertian Statistika -->

Header Menu

Pengertian Statistika

Admin

Accounting Media – Moore (1989) secara sederhana mendefinisikan “Statistics is the science of collecting, organizing, and interpreting numerical facts”. Sedangkan menurut Noether (1971) mendefinisikan “Statistics is the science of the collection, classification, and measured evaluation of facts as a basis dor inference. It is a body of techniques for acquiring accurate knowledge from incomplete information; a scientific system for the collection, organization, analysis, interpretation and presentation of information which can be stated in numerical form.

Dari definisi di atas memberikan gambaran tentang statistika sebagai ilmu. Sudjana, 1992 membedakan pengertian antara statistik dan statistika. Dalam hal ini statistik diartikan sebagai kumpulan data bilangan maupun non bilangan yang disusun dalam table dan/atau diagram yang menggambarkan suatu persoalan. Sedangkan statistika diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang metode atau prosedur yang berhubungan dengan pengumpulan data, organisasi data, pengujian data, pengolahan data atau penganalisaan dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data tersebut.
Dari definisi tersebut di atas, maka statistika dapat dibagi menjadi dua, yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensial. Berikut adalah penjelasan keduanya.
  1.  Statistika Deskriptif
Statistika deskriptif tugas kita mengurutkan, membentuk kelompok-kelompok, meringkas dan mempresentasikan data sehingga diperoleh informasi yang relevan tentang keberadaan data. Dalam olah data, statistika deskriptif sering diidentikan dengan statistika kualitatif, dimana kekuatan analisisnya berupa deskripsi yang dinyatakan dalam bentuk kata-kata, sedangkan perhitungan statistik hanya sebagai pendukung informasi.
  2.  Statistika Inferensial
Pada statistika inferensial dalam membuat keputusan dan memprediksi hubungan antar kejadian dapat dikatakan benar atau hampir benar dan bahkan bisa salah melalui pengujian data sampel, hasilnya dapat dipakai untuk membuat estimasi, keputusan, prediksi, atau generalisasi ke populasi. Dalam olah data, statistika inferensial diidentikan dengan statistika kuantitatif, dimana kekuatan analisisnya berupa perhitungan numerik yang dipakai sebagai dasar menolak atau menerima hipotesis.

Demikian penjelasan mengenai Pengertian dari Statistika. Sumber artikel ini dari buku “Statistika” yang ditulis oleh Prof. Dr. Sukestiyarno & Drs. Wardono M.Si yang diterbitkan oleh Unnes Press. Terimakasih.