Pengertian Pemasaran Menurut Ahli

Header Menu

Pengertian Pemasaran Menurut Ahli

Admin

Accounting Media Pemasaran (Marketing) adalah kegiatan kelangsungan aliran barang-barang dan atau jasa-jasa dari produsen kepada konsumen atau pengguna (Activities directing the flow of goods and services from producer to consumer or user).

Philip Kotler mendefinisikan pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain.
Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
Pemasaran bisnis kecil meliputi berbagai aktivitas bisnis yang berkaitan langsung dengan:
  a.  Mengenali pasar (identifying a target market)
  b.  Menetapkan potensi pasar target (determining target market potential)
  c.  Penyiapan, pengomunikasian, dan pengiriman berkas kepuasan kepada pasar target  (preparing, communicating, and delivering a bundle of satisfaction to the target market)
Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa pemasaranadalah upaya untuk memenuhi kebutuhan konsumen melalui penciptaan produk dan ataupun jasa yang kemudian dinikmati atau dibeli oleh mereka yang membutuhkan melalui suatu proses tukar-menukar. Penciptaan produk dan atau jasa tersebut didasarkan pada permintaan dan penawaran.
Kelompok pasar menurut Kasmir, (2006), meliputi:
  1.  Pasar konsumen, adalah pasar dimana individu dan rumah tangga dapat membeli atau memperoleh barang dan atau jasa untuk dikonsumsi sendiri.
  2.  Pasar industri, adalah pasar dimana pihak-pihak (perusahaan) yang membeli barang dan atau jasa menggunakannya kembali untuk menghasilkan barang dan atau jasa atau disewakan kepada pihak lain untuk mengambil untung.
  3. Pasar reseller, adalah pasar yang terdiri atas individu dan organisasi yang melakukan penjualan kembali barang dan atau jasa untuk mendapatkan keuntungan.
  4.  Pasar pemerintah, adalah pasar yang terdiri atas unit-unit pemerintah yang membeli atau menyewa barang dan atau jasa untuk melaksanakan fungsi utama pemerintahan, baik pusat maupun daerah.
  5.  Pasar internasional, adalah pasar produk dan atau jasa yang terdiri atas pasar antarnegara atau pasar internasional (ekspor impor).