Pengertian Kewirausahaan Menurut Ahli

Header Menu

Pengertian Kewirausahaan Menurut Ahli

Admin

Accounting Media Entrepreneurship dalam Bahasa Indonesia berarti Kewirausahaan atau Kewiraswastaan, sampai saat ini belum ada definisi yang telah disepakati bersama antara para ahli. Hal ini telihat dari adanya perbedaan beberapa definisi antara satu ahli dengan ahli lainnya. Dalam beberapa teks asli berbahasa Inggris yang dikemukakan oleh beberapa ahli, kewirausahaan dapat didefinisikan sebagai berikut.

John J. Kao (1993) mendefinisikan “Entrepreneurship is the attempt to create value through recognition of business opportunity, the management of risk-taking appropriate to the opportunity, and through the communicative and management skills to mobilize human, financial, and material resources necessary to bring a project to fruition”. Dengan kata lain, kewirausahaanadalah usaha untuk menciptakan nilai melalui pengenalan kesempatan bisnis, manajemen pengambil risiko yang tepat, dan melalui keterampilan komunikasi dan manajemen untuk memobilisasi manusia, uang, dan bahan baku atau sumber daya lainnya yang diperlukan untuk menghasilkan proyek supaya terlaksana dengan baik.
Menurut Robert D. Hisrich et al. (2005) mendefinisikan “Entrepreneurship is the dynamic process of creating incremental wealth. The wealth is created by individuals who assume the major risks in term of equity, time, and/or carrier commitment or provide value for some product or service. The product or service may or may not be new or unique, but value must somehow be infused by the entrepreneur by receiving and locating the necessary skill and resources”.
Pengertian kewirausahaan menurut Instruksi Presiden RI No. 4 Tahun 1995: “Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha dan atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi, dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.”
Dari difinisi-definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa kewirausahaan adalah hal-hal atau upaya-upaya yang berkaitan dengan penciptaan kegiatan atau usaha atau aktivitas bisnis atas dasar kemauan sendiri dan atau mendirikan usaha atau bisnis dengan kemauan dan atau kemampuan sendiri.