Pengertian Audit Manajemen

Header Menu

Pengertian Audit Manajemen

Admin

Accounting MediaAudit Manajemen (Management Audit)adalah pengevalusian terhadap efisiensi dan efektivitas operasi perusahaan. Dalam konteks audit manajemen, manajemen meliputi seluruh operasi internal perusahaan yang harus dipertanggungjawabkan kepada berbagai pihak yang memiliki wewenang yang lebih tinggi. Audit manajemen dirancang secara sistematis untuk mengaudit aktivitas, program-program yang diselenggarakan, atau sebagian dari entitas yang bisa diaudit untuk menilai dan melaporkan apakah sumber daya dan dana telah digunakan secara efisien, serta apakah tujuan dari program dan aktivitas yang telah direncanakan dapat tercapai dan tidak melanggar ketentuan dan kebijakan yang telah ditetapkan perusahaan.

Berbagai jenis audit dilakukan untuk memastikan bahwa operasi perusahaan telah berjalan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang ada serta penggunaan sumber daya telah dilakukan secara efektif dan efisien. Pada audit kepatuhan (compliance audit), auditor berusaha mendapatkan dan mengevaluasi informasi untuk menentukan apakah pengelolaan keuangan, operasi, atau aktivitas yang lain dari suatu entitas telah sesuai dengan kriteria, kebijakan, atau regulasi yang mendasarinya.
Dalam audit internal (internal audit), auditor melakukan penilaian secara independen berbagai aktivitas dalam memberikan jasanya kepada perusahaan.
Audit operasional (operational auditing), memfokuskan penilaiannya pada efisiensi dan efektivitas operasi suatu entitas. Apabila pengertian audit operasional danaudit manajemen di hubungkan, maka dapat dikatakan keduanya identik. Oleh karena itu, audit manajemen dapat disebut juga audit operasional.
Dari audit yang dijelaskan di atas, keseluruhan audit memiliki tujuan yang hampir sama yaitu menilai bagaimana manajemen mengoperasikan perusahaan, mengelola sumber daya yang dimiliki, meningkatkan efisiensi proses dalam mencapai tujuan perusahaan secara taat asas.
Tujuan dari audit manajemen adalah untuk mengidentifikasi kegiatan, program, dan aktivitas yang masih memerlukan perbaikan, sehingga dengan rekomendasi yang diberikan nantinya dapat dicapai perbaikan atas pengelolaan berbagai program dan aktivitas pada perusahaan tersebut.