Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Header Menu

Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Admin

Accounting Media – Bauran Pemasaran (Marketing Mix) merupakan seperangkat variabel pemasaran yang dapat dikendalikan dan dapat dipadukan untuk mencapai tujuan pemasaran sesuai dengan target pasarnya. Bauran pemasaran meliputi empat variabel penting dalam pemasaran, yang dikenal dengan 4P, yaitu produk (product), harga (price), tempat atau saluran distribusi (place), dan promosi (promotion).

Berikut adalah penjelasan dari masing-masing variabel tersebut.
  1.  Produk (Product)
Produk mencerminkan kombinasi barang dan/atau jasa yang ditawarkan perusahaan kepada pasar. Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk digunakan dan dikonsumsi sehingga dapat memenuhi keinginan konsumen.
  2.  Harga (Price)
Harga mencerminkan pengorbanan yang harus dilakukan konsumen untuk mendapatkan dan menggunakan suatu produk. Keputusan harga merupakan keputusan strategis karena berhubungan erat dengan posisi produk di pasar dan menjadi penopang keunggulan bersaing perusahaan. Faktor internal penting yang mempengaruhi keputusan penetapan harga adalah: tujuan perusahaan, strategi, biaya, dan pertimbangan organisasional. Sedangkan faktor eksternal meliputi: pasar dan permintaan, harga pesaing, dan faktor-faktor eksternal lainnya.
  3.  Tempat (Place)
Tempat atau saluran distribusi berkaitan dengan usaha perusahaan menjadikan sebuah produk selalu siap tersedia untuk para konsumen dalam jumlah dan waktu yang tepat. Ada beberapa tingkatan dalam saluran pemasaran mulai dari agen (distributor) sampai dengan toko-toko pengecer (peritel).
  4.  Promosi (Promotion)
Promosi mencerminkan berbagai aktivitas untuk mengkomunikasikan dan mensosialisasikan keunggulan-keunggulan produk kepada konsumennya.

Variabel-variabel bauran pemasaran tersebut dapat dipakai sebagai dasar untuk menetapkan suatu strategi dalam usaha untuk mendapatkan posisi yang kuat di pasar. Tetapi dalam pelaksanannya, bauran pemasaran tersebut harus dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada atau bersifat fleksibel.