Modal Kerja

Header Menu

Modal Kerja

Admin

Modal Kerja WB Taylor
         Modal Kerja Permanen (Permanent Working Capital), modal kerja yang secara terus menerus diperlukan untuk kelancaran usaha.
          Modal kerja permanen dapat dibedakan menjadi :
        Modal Kerja Primer (Primary Working Capital), yaitu jumlah modal kerja minimum harus ada pada perusahaan untuk menjamin kontinuitas usahanya.
        Modal Kerja Normal (Normal Working Capital), yaitu jumlah modal kerja yang diperlukan untuk menyelenggarakan luas produksi normal. Pengertian normal disini adalah dalam artian yang dinamis.

         Modal Kerja Variabel (Variable Working Capital), yaitu modal kerja yang jumlahnya berubah-ubah sesuai dengan perubahan keadaan.
            Modal kerja ini dibedakan antara lain:
        Modal Kerja Musiman (Seasonal Working Capital), yaitu modal kerja yang berubah-ubah jumlahnya disebabkan karena fluktuasi musim.

        Modal Kerja Siklis (Cyclical Working Capital), yaitu modal kerja yang jumlahnya berubah-ubah disebabkan karena fluktuasi konjungtur.
        Modal Kerja Darurat (Emergency Working Capital), yaitu modal kerja yang besarnya berubah-ubah karena adanya keadaan darurat yang tidak diketahui sebelumnya misalnya adanya pemogokan, bencana alam, perang dan lain sebagainya.

KEBUTUHAN MODAL KERJA
n  Volume Penjualan
            Perusahaan yang bekerja dengan penjualan yang yang konstan akan bekerja dengan modal kerja yang relatif konstan pula, sedangkan perusahaan yang sedang mengalami pertumbuhan akan membutuhkan modal kerja yang meningkat.
n  Faktor-faktor Musiman
            Beberapa perusahaan akan mengalami fluktuasi musiman dalam permintaan akan barang dan jasa yang dihasilkan (pengalengan ikan, buah-buahan, perusahan penjual makanan, pakaian).

n  Kemajuan Teknologi
            Bilamana perusahaan membeli mesin yang dapat mengolah bahan-bahan dengan tingkat kecepatan yang lebih tinggi memungkinkan perusahaan mengolah bahan-bahan lebih banyak, persediaan permanen cenderung naik.
n  Kebijaksanaan Perusahaan
            Politik penjualan kredit dan penentuan persediaan.

Sumber Modal Kerja
n  Hasil operasi perusahaan.
n  Keuntungan dari penjualan surat-surat berharga (investasi jangka pendek).
n  Penjualan aktiva tidak lancar.
n  Penjualan saham atau obligasi.

PENENTUAN KEBUTUHAN MODAL KERJA  
n  Periode perputaran modal atau periode terikatnya modal kerja.
            “Periode perputaran atau periode terikatnya modal kerja adalah merupakan keseluruhan atau jumlah dari periode-periode yang meliputi jangka waktu pemberian kredit beli, lama penyimpanan bahan mentah di gudang, lamanya
            proses produksi, lamanya barang jadi disimpan di gudang dan jangka penerimaan piutang”.
n  Pengeluaran kas rata-rata setiap harinya.
            “Pengeluaran kas setiap harinya merupakan sejumlah pengeluaran kas rata-rata setiap harinya untuk keperluan pembelian bahan mentah, bahan pembantu, pembayaran upah buruh dan biaya-biaya lainnya”. 
Penggunaan Modal kerja
u Pembayaran biaya operasi perusahaan.
u Kerugian yang diderita perusahaan.
u Pembentukan dana (pemisahan aktiva lancar)
u Pembelian aktiva tetap
u Pembayaran hutang jangka panjang
u Prive